Sabtu, 21 April 2012

Pengenalan Komputer


Pengenalan Komputer
            Kata “ komputer ” berasal dari bahasa latin : computare dan bahasa inggris : to compute, yang artinya “menghitung”. Dalam hal ini, cara kerja komputer adalah sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input data), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output), dan terkordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan dalam memorinya. Fungsi dasar yang di bentuk komputer adalah eksekusi program yang terdiri dari sekumpulan instruksi yang di simpan dalam memori.
1.      Komponen utama dari komputer
Komputer memiliki 3 komponen utama yaitu perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software), dan user(brainware).
a.      Hardware
Hardware adalah peralatan –peralatan yang terpasang pada komputer dan saling bekerja sama untuk mencapai tujuan, serta bekerja sesuai dengan fungsi. Hardware merupakan perangkat komputer secara fisik.
            CPU ( central processing unit )
             CPU merupakan bagian dari perangkat keras komputer yang melakukan pemrosesan unit, aritmatika dan logika, serta pengendalian operasi komputer secara keseluruhan. Prosesor terdiri atas dua bagian utama yaitu Arithmetic Logic Unit (ALU) dan control unit. Kecepatan kerja prosesor biasanya ditentukan oleh kecepatan clock dari kontrol unitnya.
Input/Output Device
Input dan output device merupakan bagian yang berfungsi sebagai penghubung antara komputer dengan lingkungan diluarnya.
1.      Input device
Input device berfungsi sebagai media komputer untuk menerima masukkan dari luar. Beberapa contoh piranti masukkan, antara lain;
a.       Keyboard
b.      Mouse
c.       Touch screen
d.      Scanner
e.       Camera
2.      Output device
Output device berfungsi sebagai media untuk memberikan keluaran. Beberapa contoh piranti keluaran, antara lain;
a.       Monitor
b.      Printer
c.       Speaker
d.      Plotter
3.       
2.      Software
Software adalah program – program komputer yang berguna untuk menjalankan atau mengoperasikan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti oleh komputer.program dapat dianalogikan sebagai instruksi atau perintah – perintah untuk mengoperasikan  atau menjalankan hardware. Contohnya :
a.       Operating system ( sistem operasi )
Sistem operasi adalah software yang berfungsi untuk megaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing – masing dapat saling berkomunikasi.tanpa ada sistem operasi maka komputer tidak dapat difungsikan sama sekali. Misalnya, DOS, UNIX, NOVEL,OS/2, WINDOWS.
b.      Program Utility ( seperti norton utility, scan disk dan PC tools).
Program utility adalah program bantuan yang berfungsi untuk membantu atau mengisi kekurangan/kelemahan dari sistem operasi.
c.       Program Aplikasi
Program Aplikasi adalah program yang khusus melakukan suatu pekerjaan tertentu, misalnya MyOB dan payroll untuk program gaji di suatu perusahaan.
d.      Program Paket
Progaram Paket adalah program yang dikembangkan untuk kebutuhan umum, seperti :
Pengolahan kata : Wordstar, MS Word, Word Perfect , AmiPro.
Pengolah angka  : lotus 123, MS Excel, QuatroPro,dll.
Presentasi            : MS Power Point
Pengolahan database         : Access, MySQL.
DesainGraphis    : CorelDraw, PhotoShop.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar