Selasa, 27 Maret 2012

Program Mengkonversikan Bilangan Biner ke Kode ASCII dan Karakter


LISTING PROGRAM
import javax.swing.*;
class KodeAscii {
            public static void main(String[] args) {
                                    String biner = JOptionPane.showInputDialog ( " Masukkan Bilangan Biner yang ingin di Konversikan : ");
                int ASCII = Integer.parseInt(biner,2);
                char karakter = (char) ASCII;
                System.out.println("Kode Ascii untuk Biner "+biner+" adalah "+ ASCII +" dan mempunyai karakter "+karakter);}}


LOGIKA PROGRAM
Pertama kita membuat dahulu librarynya yaitu import javax.swing.*; listing tersebut digunakan sebagai library agar JOPtionpane bisa berjalan atau kebaca. Lalu sesudah itu kita membuat class dengan nama KodeAscii yaitu class KodeAscii {  dan selanjutnya kita jangan lupa menggunakan public static void main(String[] args){ untuk mengetahui bahwa didalan kurung kurawal sesudah listing tersebut merupakan fungsi utama yang akan di eksekusi pertama.
            String biner = JOptionPane.showInputDialog ( " Masukkan Bilangan Biner yang ingin di Konversikan : "); listing tersebut digunakan untuk membuat inputan dari si pengguna (user) yang nanti akan muncul seperti kotak dialog agar kita bisa menginput data yang ingin kita proses. int ASCII = Integer.parseInt(biner,2);  char karakter = (char) ASCII; listing program diatas digunakan untuk membuat tipe data keluaran ASCII sebagai tipe data integer yang nilainya di ambil dari string biner yang tadi kita pakai berupa JOPtionpane. Lalu untuk tipe data char, tadikan kita sudah merubah tipe data dari biner yang berupa string ke integer yang disimpan ke variable ASCII, nah sekarang kita merubahnya / mengkonversikannya ke dalam tipe data char yang digunakan agar muncul char yang kita inginkan dari kode biner yang sudah d konversikan ke kode ASCII.
System.out.println("Kode Ascii untuk Biner "+biner+" adalah "+ ASCII +" dan mempunyai karakter "+karakter);}} listing diatas digunakan untuk menampilkan output dari program tersebut. dan jangan lupa ditutup dengan kurung kurawal, karna kita tadi menggunakan kurung kurawal buka pada class dan public static void main(String[] args).

OUTPUT PROGRAM

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar