Sejarah Social Network
Sejarah
Jejaring Sosial (Social Networking )
Sejak komputer dapat dihubungkan satu dengan lainnya dengan adanya internet banyak upaya awal untuk mendukung jejaring sosial melalui komunikasi antar komputer.
Situs jejaring sosial diawali oleh Classmates.com pada tahun 1995 yang berfokus pada hubungan antar mantan teman sekolah dan SixDegrees.com pada tahun 1997 yang membuat ikatan tidak langsung. Dua model berbeda dari jejaring sosial yang lahir sekitar pada tahun 1999 adalah berbasiskan kepercayaan yang dikembangkan oleh Epinions.com, dan jejaring sosial yang berbasiskan pertemanan seperti yang dikembangkan oleh Uskup Jonathan yang kemudian dipakai pada beberapa situs UK regional di antara 1999 dan 2001. Inovasi meliputi tidak hanya memperlihatkan siapa berteman dengan siapa, tetapi memberikan pengguna kontrol yang lebih akan isi dan hubungan. Pada tahun 2005, suatu layanan jejaring sosial MySpace, dilaporkan lebih banyak diakses dibandingkan Google dengan Facebook, pesaing yang tumbuh dengan cepat.
Jejaring sosial mulai menjadi bagian dari strategi internet bisnis sekitar tahun 2005 ketika Yahoo meluncurkan Yahoo! 360°. Pada bulan juli 2005 News Corporation membeli MySpace, diikuti oleh ITV (UK) membeli Friends Reunited pada Desember 2005. Diperkirakan ada lebih dari 200 situs jejaring sosial menggunakan model jejaring sosial ini.
Layanan Jejaring Sosial
Banyak layanan jejaring sosial berbasiskan web yang menyediakan kumpulan cara yang beragam bagi pengguna untuk dapat berinteraksi seperti chat, messaging, email, video, chat suara, share file, blog, diskusi grup, dan lain-lain. Umumnya jejaring sosial memberikan layanan untuk membuat biodata dirinya. Pengguna dapat meng-upload foto dirinya dan dapat menjadi teman dengan pengguna lainnya. Beberapa jejaring sosial memiliki fitur tambahan seperti pembuatan grup untuk dapat saling sharing didalamnya.
Contoh layanan jejaring sosial adalah Youtube.com , Facebook.com
, Yahoo.com , 4Shared.com , dan lain2.....
Untuk dunia maya, layanan jejaring sosial sekarang
membuat sesuatu sensasi di dunia entertainment, hukum, maupun organisasi.
Contoh untuk layanan jejaring sosial Youtube, kita sudah melihatnya di televisi
bahwa layanan ini merupakan salah satu tempat mencari atau menunjukkan talenta
yang di miliki oleh seseorang. Contoh nyatanya adalah yg kita kenal semua;
yaitu “ aksi Shinta-Jojo”,”Briptu Norman Kamaru”, dan lain – lainnya.
untuk layanan jejaring sosial facebook, kita dapat menggunakannya untuk memperbanyak teman dimana saja yang disediakan facebook agar kita bisa saling mengenal walaupun berada di posisi yang tidak sama ( jauh), namun jejaring sosial facebook dan twitter bisa juga menjadi suatu layanan apresiasi masyarakat untuk mengungkapkan segala sesuatu yang ada / yang ingin di ungkapkan.
untuk layanan jejaring sosial facebook, kita dapat menggunakannya untuk memperbanyak teman dimana saja yang disediakan facebook agar kita bisa saling mengenal walaupun berada di posisi yang tidak sama ( jauh), namun jejaring sosial facebook dan twitter bisa juga menjadi suatu layanan apresiasi masyarakat untuk mengungkapkan segala sesuatu yang ada / yang ingin di ungkapkan.
Jadi, menurut saya dengan adanya layanan jejaring
sosial di dunia maya sangat bermanfaat namun juga ada yang kurang bermanfaat.
Hingga sekarang saya masih menikmati fasilitas yang di berikan oleh layanan
jejaring sosial.
Konsep dasar sosial
network:
Social Networking Site (SNS) atau biasa disebut juga jaringan
sosial didefinisikan sebagai suatu layanan berbasis web yang memungkinkan
setiap individu untuk membangun hubungan sosial melalui dunia maya seperti
membangun suatu profil tentang dirinya sendiri, menunjukkan koneksi seseorang
dan memperlihatkan hubungan apa saja yang ada antara satu member dengan member
lainya dalam sistem yang disediakan, dimana masing-masing social
networking sitememiliki ciri khas dan sistem yang berbeda-beda, beberapa contoh Social
Networking Site diantaranya MySpace, Facebook, Cyworld, and
Bebo. Fungsi dari penerapan Social Networking Site itu
sendiri berfokus pada koneksi yang akan dibangun oleh satu orang dengan orang
lainnya, dimana dapat berupa hubungan sahabat, keluarga, seks, event,profesi
hingga bisnis dan pekerjaan (Boyd & Ellison, 2007).
Komponen-komponen arsitektur dari sebuah situs
jaringan sosial menurut Mike Gotta dalam artikelnya “Reference Architecture
For Social Network Sites (2008) ” yang ber-referensi dari IT Research
Buton Group, yaitu sebuah situs jaringan sosial adalah sebuah situs web yang :
· Berperan sebagai fasilitas bagi individu
untuk menjalin hubungan dengan individu lainnya sehingga memungkinkan mereka
untuk bersama-sama membangun atau memperluas jaringan sosial mereka.
· Merupakan sebuah fasilitas bagi
orang-orang untuk berinteraksi satu sama lain, berbagi informasi dalam situs,
berpartisipasi dalam kegiatan situs yang berbeda, dan membangun komunitas
secara informal dan sukarela.
· Mengandung komponen spesifik yang
memungkinkan orang untuk:
o mendefinisikan
profil secara online.
o daftar
hubungan individu.
o pemberitahuan tentang suatu kegiatan (notification).
o berpartisipasi dalam kegiatan suatu
kelompok masyarakat (group).
o pengaturan
privasi dan izin.
· Terintegrasi dengan platform infrastruktur
yang terkait untuk melengkapi sistem end-to-end (misalnya
direktori, keamanan, dan aplikasi integrasi).
Apa yang membuat situs jaringan sosial unik adalah
bukan karena setiap orang memiliki kemungkinan untuk membangun hubungan sosial
dengan orang-orang yang tidak dikenal sekalipun, namun social
networking sitememungkinkan profil jaringan sosial pada setiap individu
bersifat visible bagi seluruh member, itu jika di kehendaki
oleh individu tersebut. Hal ini dapat mengakibatkan hubungan antara individu,
yang tidak seharusnya terhubung menjadi dapat dibuat. Pada banyak sosial
networking site yang besar, individu tidak selalu berusaha untuk
mencari atau bertemu dengan orang-orang baru, melainkan mereka lebih
mengutamakan untuk menjalin komunikasi dengan orang yang sudah menjadi bagian
dalam jaringan sosial mereka.
Salah satu fitur teknis yang diterapkan oleh social
networking site, profil yang unik dimana menjadi tempat setiap orang untuk
mendefinisikan dirinya yang mencakup identitas-identitas mendasar antara lain
umur, lokasi, about me, Contact Info, dan status-status
lainnya. Kebanyakan situs juga mendorong pengguna untuk meng-upload foto
untuk profilnya. Selain itu, beberapa situs juga memungkinkan pengguna untuk
memodifikasi penampilan profil mereka dengan menambahkan konten-konten yang
bersifat multimedia. Contoh lainnya, seperti Facebook, memungkinkan pengguna
untuk menambahkan modul application yang sangat bervariasi
agar profil terlihat lebih menarik.
Visibilitas profil suatu account bervariasi
menurut situs dan kebijaksanaan pengguna itu sendiri. Situs seperti Facebook
dan MySpace memungkinkan pengguna untuk memilih apakah profil mereka terbuka
untuk umum atau “teman saja”. Secara default, pengguna yang
merupakan bagian dari jaringan yang sama dapat melihat profil masing-masing
member, kecuali seorang pemilik profil telah memutuskan untuk membatasi izin
hak akses kepada anggota-anggota lain dalam jaringan tersebut.
Setelah bergabung dengan suatu situs
jejaring sosial, biasanya pengguna akan mengindentifikasi orang-orang yang
memiliki hubungan dengannya, baik anggota yang telah memiliki account di
jaringan yang sama mapupun belum. Label untuk hubungan-hubungan ini akan
berbeda-beda, ada yang bersifat satu arah ataupun dua arah. Kebanyakan SNS
memerlukan konfirmasi dua arah untuk suatu hubungan pertemanan, sedangkan
contoh hubungan satu arah misalnya hubungan antara fans dengan idolanya. Dalam
situs jejaring sosial, kesalahan dalam mengartikan hubungan teman antar anggota
dalam situs sering terjadi dimana koneksi yang terjadi antara satu individu
dengan individu yang lainnya tidak selalu berarti adanya hubungan pertemanan
antar dua individu tersebut dan setiap orang punya alasan masing-masing dalam
menciptakan hubungan itu.
Tampilan koneksi publik suatu profil member merupakan
komponen yang sangat penting dari situs jejaring sosial. Daftar teman suatu
member yang berisi link ke setiap profil masing-masing,
memungkinkan satu individu untuk melihat hubungan jaringan dari satu hubungan
ke hubungan yang lainnya. Namun semua itu tetap ada pengecualian jika pemilik
profil memberikan izin hak akses untuk fitur “friend” miliknya.
Kebanyakan SNSs juga menyediakan mekanisme bagi pengguna untuk meninggalkan
komentar pada profil temannya. Selain itu, SNS sering juga memiliki fitur pesan
pribadi mirip dengan webmail atau private message.
Teknologi Yang Digunakan Mengenai Sosial Network
Teknologi Yang digunakan Mengenai Sosial Network
Browser Flock
Ketika browser Flock pertama kali mulai dikembangkan lima tahun lalu, dunia social network di internet belumlah menjadi trend. Tapi sekarang, ajang gaul online melalui situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan lainnya, sudah menjadi mainstream atau jadi kegiatan utama bagi sebagian besar pengguna internet di seluruh dunia. Mungkin sebagian sudah mengenal atau menggunakan browser Flock, browser yang dikhususkan dan dioptimalkan untuk aktivitas di jejaring social online (online social-networking).
Ketika browser Flock pertama kali mulai dikembangkan lima tahun lalu, dunia social network di internet belumlah menjadi trend. Tapi sekarang, ajang gaul online melalui situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan lainnya, sudah menjadi mainstream atau jadi kegiatan utama bagi sebagian besar pengguna internet di seluruh dunia. Mungkin sebagian sudah mengenal atau menggunakan browser Flock, browser yang dikhususkan dan dioptimalkan untuk aktivitas di jejaring social online (online social-networking).
Selama ini, teknologi yang digunakan oleh browser ini berbasis teknologi
yang ada pada Firefox, browser open-source keluaran Mozilla. Tapi baru-baru
ini, Flock meluncurkan versi baru browsernya yang bertajuk New Flock. Perbedaan
paling signifikan pada New Flock adalah beralihnya basis teknologi yang
digunakan, yaitu bahwa kini Flock menggunakan atau berbasis pada Chromium,
sebuah proyek open-source yang selama ini juga menjadi basis Chrome, browser
keluaran Google.
Kehadiran teknologi baru biasanya menggusur
teknologi sebelumnya. Contohnya, kamera digital yang menjadikan kamera dengan
film seluloid sebagai barang antic. Atau, SMS yang memberangus pager. Lantas
teknologi apakah yang akan dieliminasi oleh electronic ink? Tanpa kita
sadari, dunia tengah bergerak menuju satu arah : digitalisasi. Peran uang
kertas mulai digantikan oleh kartu kredit dan debit, peran surat dan pos kini
telah diambil alih oleh e-mail, surat menyurat yang dahulu tercetak telah
banyak digantikan dengan dokumen elektronik, serta masih banyak lagi contoh
yang lainnya. Salah satu penemuan penting di abad ini yang diprediksi akan
merevolusi dunia percetakan dan penerbitan di masa depan adalah electronic ink
(e-ink).
Bisa
dibayangkan, apa jadinya informasi yang menjadi rahasia perusahaan di laptop
direktur utama sebuah perusahaan dapat dibaca oleh karyawan atau kompetitor
bisnis. Enkripsi digunakan untuk melindungi informasi-informasi rahasia
tersebut.
Dalam kriptografi, enkripsi merupakan proses mengubah informasi (plaintext) menggunakan algoritma (disebut cipher) untuk membuatnya menjadi tidak terbaca oleh siapa pun, kecuali mereka yang memiliki kunci tertentu. Proses ini menghasilkan informasi terenkripsi (disbut cipher text). Kata enkripsi juga merujuk pada proses kebalikannya, deksripsi, yang membuat informasi terenkripsi terbaca kembali. Keamanan informasi di komputer dan namun metode keamanan yang paling populer adalah enkripsi meng-encode informasi dengan cara tertentu, yang hanya mengizinkan orang (atau komputer) yang memiliki kunci tertentu pula untuk membukanya.
sumber : ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI JEJARING SOSIAL PENJUALAN BERBASIS WEB, (Muhammad Ridwan Nawawi, Muhammad Irfani Sahnur, Dino Dwiyaksa) 2008
Tidak ada komentar:
Posting Komentar